Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Advertisements

Apa sih Chipset ? Kenali Jenis Chipset Terbaik

 Salah satu komponen utama dan salah satu komponen terpenting yang akan Anda temukan di motherboard adalah chipset.Motherboard lama dirancang dengan banyak chip berbeda yang tersebar di seluruh motherboard .Ada chip untuk berbagai hal, seperti chip untuk pengendali bus, memori pengontrol, pengontrol keyboard, dan sebagainya sehingga mereka memiliki banyak chip berbeda yang mengontrol berbagai fungsi pada motherboard. 

What is a Chipset

Apa sih Chipset ? Kenali Jenis Chipset Terbaik


Jadi seiring kemajuan teknologi, teknisi komputer memutuskan untuk mengurangi jumlah chip dan menempatkannya lebih banyak di lokasi terpusat. Jadi, alih-alih menyebarkan chip yang berbeda ini di seluruh motherboard, mengontrol fungsi yang berbeda, mereka mengurangi jumlah chip untuk melakukan pekerjaan yang sama. 

Dan memadatkannya menjadi hanya beberapa chip, atau yang sekarang disebut chipset dan itulah yang disebut chipset, chipset adalah sekumpulan chip yang lebih kecil yang telah menggantikan jumlah chip yang lebih besar. Dan tugas chipset adalah mengontrol aliran data antara CPU , periferal, slot bus , dan memori Jadi semua bagian komputer yang berbeda berkomunikasi dengan CPU melalui chipset.Chipset pada dasarnya terdiri dari dua chip, satu disebut northbridge dan yang lainnya disebut southbridge .


Northbridge terletak di bagian atas atau utara motherboard, asalkan Anda melihat motherboard dalam posisi tegak.Itu terletak di dekat CPU dan langsung terhubung ke CPU. Itu juga terhubung secara tidak langsung ke memori dan slot AGP dan PCI-Express. Jadi agar CPU dapat berkomunikasi dengan memori dan bus AGP atau PCI-Express, ia harus melalui northbridge terlebih dahulu.

Jadi northbridge bertindak seperti perantara komunikasi antara CPU, AGP atau PCI-Express, dan memori Chip lainnya disebut jembatan selatan dan southbridge terletak di bagian bawah atau selatan motherboard, di dekat slot bus PCI Southbridge terhubung ke slot bus PCI, SATA, dan konektor IDE, dan port USB.


Jadi southbridge bertanggung jawab atas bagian bawah motherboard Sedangkan northbridge bertanggung jawab atas bagian atas.Tidak ada koneksi langsung antara CPU dan bagian bawah motherboard Jadi jika PCI, USB, IDE, atau port SATA diperlukan untuk berkomunikasi dengan CPU, informasi harus melalui south bridge dan kemudian naik melalui northbridge dan kemudian ke CPU Northbridge lebih cepat daripada southbridge, dan itu karena CPU, PCI-E, AGP, dan memori adalah komponen motherboard yang paling banyak digunakan dan paling penting .

Jadi mereka perlu beroperasi pada kecepatan setinggi mungkin Southbridge yang lebih lambat berkomunikasi dengan bus PCI, SATA, dan konektor IDE, dan port USB dan mereka tidak perlu secepat komponen lain Jadi pada dasarnya komponen berkecepatan lebih tinggi terhubung ke northbridge dan komponen yang lebih lambat terhubung ke southbridge.Sekarang baik utara maupun southbridge membuat koneksi ini ke berbagai bagian motherboard menggunakan jalur yang disebut bus dan bus hanyalah seperangkat jalur yang memungkinkan data dan sinyal untuk melakukan perjalanan antar komponen pada motherboard motherboard berisi beberapa macam bus yang bervariasi dalam kecepatan dan bandwidth.

Jadi misalnya jika kecepatan bus diatur untuk beroperasi pada 66 MHz maka itu berarti bus tersebut dapat mengirim data pada 66 juta siklus per detik.


Semakin tinggi kecepatan bus, semakin cepat komputer dapat mengirim data yang meningkatkan kinerja komputer . Kecepatan bus motherboard umumnya mengacu pada kecepatan bus sisi depan Bus sisi depan adalah koneksi antara CPU dan chipset northbridge.

Jenis chipset terbaik


Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini, karena chipset terbaik untuk Anda tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Berikut adalah beberapa chipset yang populer dan terbaik di pasaran saat ini:

1.Intel Core: Chipset ini sangat populer dan cocok untuk pengguna PC desktop dan laptop yang membutuhkan kekuatan komputasi yang tinggi.

Apa sih Chipset ? Kenali Jenis Chipset Terbaik



2.AMD Ryzen: Chipset ini cocok untuk pengguna yang membutuhkan kinerja tinggi dalam aplikasi pemrosesan tugas berat seperti gaming, rendering, dan pekerjaan kreatif.

Apa sih Chipset ? Kenali Jenis Chipset Terbaik



3.Qualcomm Snapdragon: Chipset ini umumnya digunakan pada smartphone dan tablet, karena memungkinkan kinerja yang cepat dan efisien dalam pemrosesan data dan penggunaan daya.

Apa sih Chipset ? Kenali Jenis Chipset Terbaik



4.Apple A-series: Chipset ini digunakan pada produk Apple seperti iPhone dan iPad, dan dirancang khusus untuk integrasi perangkat keras dan perangkat lunak yang mulus dan efisien.

Apa sih Chipset ? Kenali Jenis Chipset Terbaik



5.NVIDIA Tegra: Chipset ini cocok untuk pengguna yang membutuhkan kinerja grafis tinggi, seperti pengguna game dan profesional desain grafis.

Apa sih Chipset ? Kenali Jenis Chipset Terbaik



Namun, ini hanyalah sebagian contoh chipset yang tersedia di pasaran saat ini. Sebaiknya, Anda menentukan kebutuhan Anda dan memilih chipset yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.


Posting Komentar untuk "Apa sih Chipset ? Kenali Jenis Chipset Terbaik "

Advertisements
Advertisements